Selasa, 22 Agustus 2017

5 Manfaat Jamu Bagi Kesehatan

Untuk waktu yang lama, obat herbal dipercaya sebagai obat tradisional berkat sifatnya yang baik untuk tubuh dan kesehatan. Meski identik dengan pahit, orang masih mencarinya saat itu perlu.

Rasa pahit atau tidak enak bagi penyikmatnya pemula bisa jadi karena bahannya diambil dari tanaman, akar, bunga hingga kulit kayu. Campuran ini tanpa gula alami atau penambah rasa membuatnya bagus untuk kesehatan.

Dilansir dari berbagai sumber carakuhidupsehat.com, ada sejumlah khasiat yang didapat dari jamu yang Anda konsumsi. Dari jamu yang bagus untuk mengatasi rasa dingin, atau kencur ramuan herbal yang ampuh kaku.

1. Herbal Jahe Liar

Sesuai dengan namanya, ramuan ini terbuat dari temulawak. Tapi ada bahan lain yang membuatnya seperti kencur, asam jawa, gula aren, daun pandan dan jinten. Tumbuhan ini memiliki manfaat seperti membantu mencegah hepatitis, membantu menghasilkan empedu, menghilangkan gejala pilek, menyembuhkan sakit kepala untuk mengobati jerawat.

Salah satunya adalah Presiden RI Joko Widodo yang secara teratur minum ramuan temulawak. Aku biasa mencampurnya dengan jahe. Jokowi sendiri meminumnya setiap pagi selama 17 tahun.

Alasan jokowi untuk minum jamu adalah menjaga sistem kekebalan tubuh, seperti tidak mudah lelah. "Dan setelah mengeceknya, itu curcuma, bisa memperbaiki fungsi hati dan fungsi pencernaan lainnya, saya baca dan saya merasa baik," kata Jokowi seperti dikutip CNNIndonesia.com, Senin (05.25.2015).

2. Beras kencur

Kencur nasi ini tentu saja terbuat dari beras dan kencur dan dicampur dengan sejumlah bahan lain seperti biji kedawung, jahe rimpang, biji kapulaga, asam, kunyit, gula merah, gula putih, kapur, garam dan kayu.

Jus kencur beras dianggap bermanfaat untuk meredakan sakit dan nyeri, meredakan batuk lega, menambah nafsu makan, membuat tubuh bugar dan menyembuhkan perut kembung.

3. Kunyit asam

Wanita sering lebih suka minum asam kunyit herbal karena fungsinya bisa dianggap menipiskan tubuh. Selain itu, jamu juga berfungsi membantu mengatasi masalah menstruasi.

Selain kedua hal ini, asam kunyit juga berfungsi untuk mempercepat sirkulasi darah, menjaga metabolisme tubuh dan membantu mengobati sariawan atau panas.

Kunyit terbuat dari asam kunyit dan asam jawa dan bahan lainnya seperti sinom, temulawak, biji kedawung, kapur, jawa, gula putih dan garam. Kandungan asam kunyit juga beragam, seperti curcumin, vitamin C, protein, karbohidrat dan zat besi.

4. Bitter Herbs

Ramuan ini terbuat dari sambiloto dan bahan lainnya seperti daun meniran, lempuyang, lengkuas, serai, laut widoro dan bumbu lainnya. Cara membuatnya hanya merebus semua bahan sampai air matang menjadi kental.

Manfaat yang mereka miliki sebagai penambah nafsu makan, mengobati perut kembung, mengurangi risiko diabetes, menghilangkan bau, menurunkan kadar kolesterol hingga menghilangkan jerawat.

5. Obat sirih sirih

Ramuan ini terbuat dari kuncup dan sirih. Biasanya untuk menghindari rasa pahit atau asam, biasanya bercampur dengan daun herba, kunyit, jahe, kencur, kapulaga, kayu manis, asam jawa, serai, hingga buah delima.

Biasanya, ramuan ini diproduksi lebih sering oleh wanita karena manfaatnya bagi alat kelamin mereka. Sejumlah manfaat obat herbal yang terpapar seperti mengatasi leucorrhea, menghilangkan bau badan, menguatkan gigi, menutup vagina dan mengurangi rahim di perut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar